Selasa, 07 Juni 2011

Siswa SD Muhammadiyah 11 Bersihkan Sungai Genting


Surabaya - Seratus siswa kelas 5 dan 6 SD Muhammadiyah 11 (Muhlas) melakukan kerja bakti bersih-bersih di Sungai Genting dan Bosem Kalianak. Mereka membersihkan sampah yang menumpuk dalam rangka Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Kerja bakti makin terasa hisup dengan hadirnya Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, Walikota tidak hanya melihat aksi teatrikal siswa SD Muhlas yang bertajuk 'Manusia Sampah', mengamati proses pembuatan ketrampilan siswa dari bahan daur ulang, dan melihat aksi melukis tentang perlunya peduli lingkungan.

Dalam kegiatan bakti sosial ini Walikota Surabaya, Tri Rismaharini juga ikut turun langsung ke sungai membersihkan sampah yang menumpuk.

Dalam sambutan singkatnya setelah melakukan aksi bersih-bersih sungai, Risma mengatakan perlunya menanamkan kesadaran untuk peduli lingkungan sejak dini.

Kepada siswa SD Muhamadiyah yang begitu antusias mendengarkan sambutannya, Risma juga menyelipkan pesan kepada para siswa untuk terus bekerja keras dengan cara giat belajar dan menanamkan aspek kejujuran di aspek kehidupannya.

Aksi bersih-bersih sungai Genting dan Bosem Kalianak ini, selain melibatkan siswa juga melibatkan para guru SD Muhlas, komite sekolah, perangkat daerah, dan masyarakat sekitar.

Buruknya kondisi lingkuangan dan kualitas sungai di Surabaya, tak lepas dari anggapan bahwa sungai adalah tempat sampah. Akibatya, banyak sekali sampah yang menumpuk di daerah aliran sungai yang ada di Surabaya.

Selain menimbulkan pemandangan dan aroma yang tidak sedap, menumpuknya sampah di sungai kerap kali menyebabkan banjir. Tidak itu saja, selain sebagai tempat sampah, sungai-sungai di Surabaya juga masih ada yang dimanfaatkan sebagai MCK.

" Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat, memberikan pendidikan untuk peduli pada lingkungan dan peka terhadap kehidupan masyarakat sekitar," ujar ketua Komite Sekolah SD Muhammadiyah 11 Rahmi Apriliwati.

Acara bersih-bersih sungai ini diakhiri dengan aksi bagi-bagi stiker oleh siswa SD Muhammadiyah 11 kepada masyarakat sekitar Sungai Genting dan Bosem Kalianak yang memuat pesan moral SAVE OUR RIVER, SAVE OUR NATURE, Selamatkan Sungai Kita, Selamatkan Alam Kita. (dtc)